ayo daftar

Adsense Indonesia

Rabu, 04 Januari 2012

KRITIK ARSITEKTUR (NORMATIF)


Stasiun Jakarta Kota
dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun kereta api yang berusia cukup tua di Kota Tua Jakarta dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota sebagai cagar budaya. Stasiun ini adalah satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang bertipe terminus (perjalanan akhir), yang tidak memiliki kelanjutan jalur. Bangunan ini memiliki nilai estetika seperti ornamen-ornamen kolonial yang menggunakan struktur baja bentang lebar yang khas.
Bangunan ini hampir keseluruhan berwarna putih, dan jika dilihat dari bentuk, bangunan ini menggunakan langgam antara arsitektur eropa dan arsitektur asia. Bangunan ini cukup langka keberadaannya, dikarnakaan perkembangan trend dan budaya setempat. oleh karna itu kita jaga bangunan tua yang ada di sekitar kita agar tidak terlindas dengan kejamnya zaman dan ini sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat jakarta. sejak zaman dahulu bangunan ini menjadi pusat trasportasi baik dalam kota maupun luar kota.
Sejarah bangunan ini dulu dikenal sebagai
Beos kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschapij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur), sebuah perusahaan swasta yang menghubungkan Batavia dengan Kedunggedeh. Versi lain, Beos berasal dari kata Batavia En Omstreken, yang artinya Batavia dan Sekitarnya, dimana berasal dari fungsi stasiun sebagai pusat transportasi kereta api yang menghubungkan Kota Batavia dengan kota lain seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lain-lain.

............Menurut peraturan perundangan pemerintah kota melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993 dinyatakan sebagai bangunan cagar budaya namun
pada saat ini diributkan karena hendak direnovasi dengan penambahan ruang komersial.
............"hmmm" Padahal, stasiun ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, selain bangunannya kuno, stasiun ini merupakan stasiun tujuan terakhir perjalanan. Seperti halnya Stasiun Surabaya Kota atau Stasiun Semut di Surabaya yang merupakan cagar budaya, namun terjadi renovasi yang dinilai kontroversial.




0 komentar:

Posting Komentar

wow gaji tambahan....